DPRD Palangka Raya Dukung Pokmaswas Cegah Illegal Fishing

PALANGKA RAYA (Lenteratoday) – Pemerintah Kota (Pemkot) Palangka Raya melalui instansi terkait diharapkan dapat memaksimalkan pengawasan di wilayah perairan secara berkesinambungan.

Sebagaimana ditanggapi Anggota Komisi B DPRD Kota Palangka Raya, Anna Agustina Elsye, mendorong agar Dinas Perikanan Kota Palangka Raya, bisa memaksimalkan peran Kelompok Masyarakat Pengawas (Pokmasawas), dalam kaitannya untuk mencegah ‘illegal fishing’ atau penangkapan ikan dengan cara tidak sah.

“Pokmaswas ditujukan untuk mengawasi perairan di wilayah setempat, namun dalam menjalankan tugasnya tentu memerlukan dukungan fasilitas maupun sarana,” papar Anna, Senin (3/10/2022).

Sementara itu ia menyampaikan apresiasinya kepada Pemkot Palangka Raya melalui Dinas Perikanan yang telah menunjukkan langkah nyata dengan memberikan bantuan perahu motor kepada Pokmaswas Hadohop Hapakat, Kelurahan Tumbang Tahai, Pokmaswas Rangga Hai, Kelurahan Tanjung Pinang, dan Pokmaswas Bereng Batuah Kelurahan Kelurahan Bereng Bengkel.

Baca Juga :  Rapat Gabungan DPRD Bahas LKPJ 2021 Pemkot Palangka Raya

Ini merupakan bentuk gerak cepat Pemkot setempat dalam upaya mencegah kerusakan ekologi perairan di wilayah Kalimantan Tengah.

“Dengan adanya bantuan perahu motor dari Dinas terkait, akan sangat mendukung aktivitas pengawasan yang dilakukan pihak Pokmaswas,” ungkapnya.

Bantuan perahu motor tersebut menurut Anna merupakan bentuk dukungan dan perhatian Pemerintah setempat pada Pokmaswas yang bertujuan menjaga kelestarian sumberdaya ikan dan meminimalisir tindakan illegal fishing.

Selebihnya ia menambahkan, Pokmaswas sendiri merupakan kelompok swadaya masyarakat yang dibentuk untuk mengawasi, mencegah penangkapan ikan secara illegal yang merusak lingkungan serta menjaga pemanfaatan potensi perairan agar tetap seimbang.

“Pokmaswas memang diperlukan untuk mengawasi dan menjaga ekosistem perairan untuk mencegah terjadinya penangkapan ikan secara ilegal yang tentunya berdampak negatif terhadap lingkungan,” pungkasnya.

Reporter : Novita | Editor : Endang Pergiwati

Latest news

Related news

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini