HAPPY MAR10 DAY!!

Oleh : Hardi, Gamer Jadul

Jika Anda tumbuh di tahun 1980-an atau 1990-an, Anda pasti tahu siapa Mario dan saudaranya Luigi. Mario dan saudaranya adalah karakter paling terkenal dari salah satu game Nintendo!

Game Super Mario Bros atau lebih dikenal dengan Mario, adalah suatu permainan platform yang dikembangkan dan diterbitkan oleh Nintendo pada akhir 1985 untuk konsol Nintendo Entertainment System.

Permainan ini menceritakan suatu petualangan dengan karakter utama sebagai Mario, seorang lelaki berkumis tebal yang menggunakan pakaian merah dengan baju kecokelatan serta dibantu dengan Luigi, adik Mario.

Yuk sedikit bernostalgia sedikit tentang game terlaris sepanjang sejarah ini. Saya menulis 3 fakta unik yang mungkin Anda belum ketahui sebelumnya:

  1. Berawal dari Donkey Kong
    Karakter Mario diciptakan oleh Shigeru Miyamoto, seorang graphic artist Nintendo di tahun 1977, dan Mario muncul pertama kali di game Donkey Kong pada 9 Juli 1981. Di game ini, ia disebut “Jumpman” , digambarkan sebagai seorang tukang kayu yang memiliki binatang peliharaan yang bernama “Donkey Kong”. Baru sekitar tahun 1982, berubah nama menjadi “Mario” dalam game Donkey Kong Junior, disini satu-satunya permainan di mana ia digambarkan sebagai antagonis. Baru kemudian di game 1983, ia dan adiknya Luigi digambarkan sebagai tukang ledeng Italia-Amerika yang harus mengalahkan makhluk yang datang dari selokan di bawah New York City. Dikutip dari acerid.com, karena alasan promosi rilis game Mario Bros, Nintendo US memutuskan untuk mengganti namanya menjadi Mario Bros. Pemilihan nama ini terinspirasi nama Mario Segale, seorang pengusaha yang menyewakan tempatnya untuk Nintendo.
  2. Luigi
    Saudara kembar Mario ini bertubuh kurus dan tinggi, memakai kostum warna hijau. Ia juga seorang tukang pipa ledeng, sama seperti Mario. Jika mengaktifkan mode multipemain di Super Mario Bros, Luigi akan dimainkan oleh pemain kedua. Ia baru muncul di game Mario Bros, namun sebenarnya sudah mulai ada sejak zaman Donkey Kong.
  3. Nama Musuh Mario
    Selama ini, Anda mungkin hanya kenal musuh utamanya, yakni si Bowser buaya. Namun, tahukah Anda semua musuh di game ini punya nama?Dikutip dari www.antaranews.com, kita akan berkenalan dengan mereka semua.
Baca Juga :  Hardiknas di Tengah Pandemi Corona, Pemprov Jatim Luncurkan Game Edukasi - Charity Covid-19

Bermain di Super Mario Bros pertama, kita akan bertemu dengan Goomba, si jamur yang hanya dapat berjalan maju mundur. Goomba musuh Mario yang paling mudah dikalahkan, injak atau tembak.

Setelah itu, Mario akan menghadapi Koopa Troopa, anggota pasukan kura-kura, terdiri dari berbagai warna berbeda di setiap level permainan.

Koopa Paratroopa adalah pasukan kura-kura bersayap, ada yang terbang maju mundur dan ada juga yang naik turun. Pasukan Koopa punya anggota lain, Hammer Brother, kura-kura berhelm yang melemparkan palu.

Terdapat juga kura-kura yang memiliki cangkang anti-api, bernama Buzzy Beetle.

Ingat dengan musuh yang terlihat seperti gigi atau awan? Ia bernama Lakitu, bisa memuntahkan Spiny’s Egg, yang akan berubah menjadi Spiny, hewan berduri, jika mencapai darat.

Di laut, kita akan menamukan Bloober si cumi-cumi dan Cheep Cheep, ikan yang terlihat seperti burung.

Selain binatang, Mario juga harus menghadapi rintangan lainnya. Bill Blaster, kanon yang tidak bisa hancur, mengeluarkan Bullet Bill, yang hanya bisa hilang jika diinjak.

Saat Mario berada di dalam tanah (masuk melalui pipa), dia akan bertemu Piranha Plant. Di beberapa level, Mario harus melewati Fire Bar, rintangan berupa tongkat kayu yang berputar dan Lava Bubble, bola panas yang muncul dari Lava.

Tak bisa dipungkiri bahwa Mario Bros adalah salah satu game yang cukup fenomenal hingga saat ini. Lewat seri game-nya, Mario Bros sedikit banyak mengajarkan kepada kita tentang dunia petualangan yang seru, bahkan theme song-nya mungkin masih familier hingga kini. Generasi kita mungkin sudah tidak memainkan game ini di konsol, namun sebenarnya kita tetap dapat memainkannya dalam platform yang lain.

Jadi sebuah himbauan di Mar10 Day tahun ini, sama seperti Mario yang berbagi petualangan bersama saudaranya, Luigi. Jangan lupa untuk berbagi petualangan dan keceriaan dengan teman dan keluarga, atau mungkin perlu juga meluangkan waktu secara khusus menularkan keceriaan bermain Mario Bros bersama putra-putri Anda sembari bernostalgia, Menarik bukan?

Happy Super Mar10 day!
Enjoy the day


Latest news

Related news

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini