Hindari Hoax Tentang Corona, Pemerintah Harus Sediakan Informasi Akurat

Surabaya – Adanya virus corona menjadi perhatian serius kalangan pemerintah dan public, karena informasi tentang virus corona juga mendapat respon cukup cepat dari kalangan public. Sayangnya tak jarang dari informasi tersebut melah mengandung info hoax. Karena itu, Pemerintah wajib menyediakan informasi tentang wabah corona secara akurat, transparan, dan mudah diakses publik.

Mengenai hal itu, dosen Ilmu Komunikasi Universitas Airlangga (Unair) Surabaya Dr Suko Widodo mengatakan bahwa informasi dan berita tentang virus corona masuk informasi publik kategori serta merta. Hal ini sesuai dengan Pasal 10 UU Keterbukaan Informasi Publik/KIP. Untuk itu, pemerintah sebagai badan publik juga berkewajiban untuk menyediakan informasi yang transparan dan mudah diakses terkait masalah tersebut.

“Saat ini banyak informasi tentang virus Corona beredar luas di masyarakat. Sayangnya tak banyak informasi yang memandung hoax,” tandasnya.

Baca Juga :  Petugas Gabungan Razia Tempat Nongkrong dan Bubarkan Kerumunan Massa

Terlebih lagi, lanjutnya, informasi ini yang menjadi ruang komuniasi interaktif yang memungkinkan warga berkonsultasi dengan otoritas terkait yang menghandle masalah ini. Tak hanya penyediaan informasi public saja, namun pemerintah juga harus bisa memandu warga untuk bisa menjaga kesehatannya dan menghindarkan dari kemungkinan terkena serangan virus ini.

“Dalam konteks ini, secara praktis, pemerintah bisa meminta bantuan lembaga seperti media massa yang memiliki kredibilitas dalam pemberitaan untuk menyebarkan informasi akurat terkait masalah ini.  Ini juga untuk menepis informasi hoaks yang beredar seputar penyebaran virus Corona di masyarakat,” paparnya.

Disisi lain, informasi yang akurat dan mencerahkan masyarakat tentu bersumber dari narasumber yang memiliki kapasitas, profesionalisme, kompetensi, pengalaman, kredibilitas, dan punya otoritas terkait dengan virus Corona dan kesehatan masyarakat. Sehingga bukan sembarangan orang menyampaikan informasi kepada publik terkait virus Corona. Semua itu bertujuan untuk menghindari kepanikan dan kegaduhan di masyarakat.

“Dalam konteks ini, media massa yang kredibel jadi kanal terbaik untuk menyampaikan semua informasi tentang virus Corona kepada masyarakat,” tandasnya. (ist/ufi)





Latest news

Related news

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini