Ketua DPRD Palangka Raya Apresiasi Pemkot Sebar 70 Ribu Benih Ikan Lokal

PALANGKA RAYA (Lenteratoday) -Ketua DPRD Kota Palangka Raya, Sigit K. Yunianto, mengapresiasi program Pemerintah Kota (Pemkot) dalam pelestarian sektor perikanan. Diketahui, sedikitnya 70 ribu benih ikan ditebar di Danau Hanjalutung, Kelurahan Katimpun.

Menurut Sigit, ini merupakan kebijakan membantu meningkatkan taraf hidup nelayan kecil. Selain itu juga dalam rangka menjaga kelestarian ikan lokal.

“Permintaan ikan sungai di Kota Palangka Raya sangat tinggi, dengan ditebarkan benih ikan di Danau Hanjalutung, bertujuan agar stok ikan sungai tersebut terus berkembang,” papar Sigit, Minggu (26/11/2023).

Menurut Legislator yang menjabat sebagai Sekretaris DPD PDIP Provinsi Kalteng ini, apabila tidak ada pelestarian, stok ikan sungai bisa punah.

“Akan lebih baik jika bisa dilakukan di sejumlah sungai maupun danau lainnya, demi kelestarian dan manfaat yang berkelanjutan,” ungkapnya.

Sementara itu Kepala Dinas Perikanan Kota Palangka Raya, Indriarti Ritadewi, menjelaskan 70 ribu benih ikan yang dilepasliarkan tersebut terdiri dari 50 ribu ekor benih ikan papuyu dan 20 ribu ekor benih ikan jelawat.

Baca Juga :  Uji Coba Alat PTU Sebagai Upaya Penertiban Pajak Restoran Untuk Meningkatkan PAD

Lebih lanjut ia menambahkan, ikan yang ditebar ini merupakan hasil kerja sama dengan pihak Balai Perikanan Budidaya Air Tawar (BPBAT) Mandiangin.

“Restocking ikan dilakukan dalam rangka menjaga kelestarian ikan di perairan setempat agar tetap lestari sekaligus membantu meningkatkan taraf hidup nelayan kecil,” tuturnya

Indriarti mengajak masyarakat Kota Palangka agar bijak memanfaatkan potensi ikan danau tersebut. Yaitu menangkap ikan dengan cara yang ramah lingkungan dan menjaga habitat alam agar ikan tetap dapat berkembang biak dengan baik.

“Potensi perikanan budi daya di kota kota setempat sebenarnya masih sangat besar, namun belum dimanfaatkan secara optimal,” tutupnya.

Reporter : Novita/Editor: widyawati

Latest news

Related news

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini