Ketua DPRD Sarankan 3 Tahap Atasi Banjir dan Genangan di Kota Palangka Raya

PALANGKA RAYA (Lenteratoday) – Sampai saat ini wilayah Kota Palangka Raya belum terbebas dari masalah banjir maupun genangan air.Ketua DPRD Kota Palangka Raya, Sigit Karyawan Yunianto, menyarankan Pemerintah Kota (Pemkot) agar menyusun rencana dengan tiga tahapan, untuk mengatasinya.

“Langkah ini perlu dilakukan sebagai upaya untuk mengatasi permasalahan banjir dan genangan air yang masih terjadi disetiap musim hujan,” papar Sigit, Kamis (29/2/2024).

Adapun tiga tahapan tersebut, ia melanjutkan, yaitu rencana penanganan jangka pendek, jangka menengah dan jangka panjang.

Legislator yang menjabat sebagai Sekretaris DPD PDIP Provinsi Kalteng ini menjelaskan, rencana jangka pendek seperti tindakan segera yang dilakukan untuk mengurangi dampak genangan air yang sudah terjadi. Upaya ini antara lain dengan pengerukan saluran air yang tersumbat dan peningkatan sistem drainase terutama di titik-titik kritis.

Baca Juga :  Pj Wali Kota Palangka Raya : Komitmen Laksanakan Tata Kelola Keuangan Lebih Baik

“Untuk rencana jangka menengah, diperlukan penyesuaian tata ruang kota dan pembangunan infrastruktur yang lebih baik, yang mendukung pengelolaan air hujan agar lebih efektif,” tuturnya.

Sedangkan untuk rencana jangka panjang, Sigit menambahkan, meliputi pengembangan proyek-proyek besar seperti pembuatan waduk atau bendungan, yang berfungsi sebagai penampungan air dan bisa mencegah terjadinya banjir.

“Dengan membuat perencanaan yang komprehensif, diharapkan bisa mengatasi masalah genangan air dan melindungi warga setempat dari ancaman banjir,” pungkasnya.

Reporter : Novita/Editor: widyawati

Latest news

Related news

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini