Manfaatkan Sitaan Knalpot Brong, Polresta Malang Kota Buat Patung Robot ‘Monumen Disiplin’

MALANG (Lenteratoday) – Polresta Malang Kota baru-baru ini menciptakan sebuah ide kreatif melalui Monumen Disiplin. Sebuah patung robot berbentuk replika tokoh Transformer terbuat dari bahan-bahan hasil sitaan knalpot brong saat operasi penertiban.

Kasatlantas Polresta Malang Kota, Kompol Akhmad Fani Rakhim, menjelaskan tujuan dibalik pembuatan patung robot ini. Menurutnya, ide yang diinisiasi oleh Kapolresta Malang Kota, Budi Hermanto, ini diharapkan mampu memberikan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya menggunakan knalpot yang memenuhi standar keamanan dan lingkungan.

“Jadi tujuan kita di sini juga untuk memberikan edukasi kepada masyarakat terkait penggunaan knalpot, bahwasannya penggunaan knalpot pada kendaraan harus memenuhi standar. Karena beberapa kali kami melakukan penindakan, itu menemukan kendaraan yang tidak memenuhi standar,” ujar Kompol Fani, saat dikonfirmasi langsung di Polresta Malang Kota, Sabtu (16/9/2023).

Kompol Fani menambahkan, dalam proses pembuatannya, Monumen Disiplin ini melibatkan seniman lokal dari Kota Malang. Dan memakan waktu pengerjaan selama tiga bulan dengan menggunakan 210 knalpot hasil sitaan.

“Harapannya, ya supaya masyarakat akan semakin sadar bahwa keselamatan dan kenyamanan saat berkendara. Itu merupakan hal yang harus kita lakukan bersama,” tambahnya.

Baca Juga :  Banyak Aduan Knalpot Brong dan Balap Liar, Polresta Malang Kota¬†Amankan Ratusan Kendaraan

Lebih lanjut, Fani juga menyebutkan bahwa patung robot ini, memiliki sebuah filosofi tersendiri. Meskipun dibuat dari bahan hasil pelanggaran, sambungnya, patung ini mengingatkan bahwa dari hal yang kurang baik tersebut, nyatanya tetap bisa menghasilkan sesuatu yang positif dan indah.

Sementara itu, disinggung mengenai rencana pemasangan patung ini di tempat lain. Kompol Fani mengungkapkan bahwa sampai saat ini, masih belum ada rencana untuk memindahkan patung tersebut dari lokasi asalnya yang berada di samping kiri gerbang masuk Polresta Malang Kota.

Di sisi lain, keberadaan Monumen Disiplin dari knalpot brong tersebut, juga berhasil
menarik perhatian pengunjung. Salah satu warga yang kedapatan tengah mengurus perpanjangan SIM di Polresta Malang Kota, Rara, mengaku butuh beberapa waktu untuk menyadari bahwa patung tersebut terbuat dari knalpot brong.

“Keren, sih. Saya juga baru nyadar kalau itu dari knalpot. Tadi pas baru datang, karena sepi jadi saya sempatkan untuk foto-foto. Kalau bentuknya ya kayak transformers itu ya, bagus menurut saya,” ungkap Rara.(*)

Reporter: Santi Wahyu/Editor: widyawati


Latest news

Related news

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini