Meriahnya Tahun Baru Imlek di Kampung Pecinan Tambak Bayan Surabaya

SURABAYA (Lenteratoday) – Kemeriahan tahun baru Imlek di kampung Pecinan Tambak Bayan, Surabaya, sangat menarik. Selain atraksi barongsai, juga ada pameran lampion pada Selasa (1/2/2022) malam ini.

“Setelah sembahyang bersama tadi malam, dilanjutkan anak-anak muda mempersiapkan pameran lampion, dan segala kegiatan tahun baru Imlek 2573,” kata Ketua RT 2 RW 2, Tambak Bayan, Suseno Karja .

Puluhan lampion warna-warni dengan berbagai bentuk lengkap dengan lampu dipamerkan di ruang pertemuan atau aula warga. Aneka lampion berbagai ukuran itu dibuat para kawan kreatif bersama anak-anak muda kampung Tambak Bayan sejak sekitar tiga pekan lalu.

“Pameran Lampion ini sekaligus juga penjualan. Masyarakat atau pengunjung yang tertarik bisa langsung membeli. Dan sekedar informasi, penjualan Lampion ini dalam rangka renovasi atau pembangunan aula warga Tambak Bayan yang atapnya ambrol, jebol. Butuh biaya buat renovasi,” kata Seno.

Baca Juga :  Wali Kota Abu Bakar Resmikan Masjid Wakaf Al-Manshur Padukan Budaya Jawa-Tionghoa saat Imlek

Ruang pameran Lampion yang berada di bagian tengah aula pertemuan warga Tambak Bayan itu sejatinya adalah bangunan kuno di masa Kolonial.

“Bangunan ini dulunya adalah Istal Kuda atau kandang Kuda. Ini bangunan Kolonial. Sekarang ini sudah mulai lapuk bangunannya banyak yang rusak,” ujarnya.

Sementara itu, untuk memeriahkan Imlek 2573 atraksi Barongsai digelar dengan berkeliling kampung Tambak Bayan. Kemudian warga masyarakat saling bertemu, berkunjung di rumah masing-masing untuk saling berucap Kionghi.

“Yang muda mengunjungi yang tua berharap doa restu, agar tahun baru penuh berkah rejeki dan kesehatan,” ujar Gepeng anak muda kampung Pecinan Tambak Bayan.

Editor : Endang Pergiwati


Latest news

Related news

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini