Pemkot Kediri Kini Miliki 3 Kelurahan Bersinar, 2022 Target Tambah 4 Kelurahan

KEDIRI (Lenteratoday) – Pemkot Kediri, meresmikan 2 Kelurahan Bersih Narkoba (Bersinar), yaitu Kelurahan Mojoroto dan Ngadirejo, di Resto Grand Panglima Kota Kediri, Rabu (24/11/2021). Kini, Kota Kediri memiliki 3 Kelurahan dan Desa Bersih Narkoba (Bersinar). Sebelumnya Kelurahan Ngronggo sebagai pilot project Kelurahan Bersinar 2021.

Menurut Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Pemkot Kediri, Ardi Handoko, pemilihan kedua kelurahan tersebut sebagai Kelurahan Bersinar melalui prasyarat wajib, yaitu; tersedianya data kependudukan yang akurat, dukungan dan komitmen pemerintah daerah, peran aktif masyarakat, serta memenuhi kriteria wilayah yang ditentukan pemerintah pusat.

“Indikator pemilihan Kelurahan Bersih Narkoba ditentukan pemerintah pusat yang juga bekerjasama dengan polresta, pengadilan, kejaksaan dan BNN dalam pengumpulan data terkait penyalahagunaan narkoba di daerah. Dari hasil penilaian tersebut, akan di tentukan kelurahan mana yang layak menjadi Kelurahan Bersinar. Setiap tahunnya dokumen-dokumen tersebut akan terus diperbarui,” ujar Ardi.

Dia menambahkan, pada tahun 2022, Pemkot Kediri akan mencanangkan 4 Kelurahan Bersinar untuk menciptakan Kota Kediri yang bersih dari narkoba. “Meskipun kasus narkoba di Kota Kediri cukup rendah, tapi kita akan memaksimalkan upaya untuk mencegah peredaran dan penyalahgunaan narkoba. Maka dari itu, kita akan berupaya menambah Kelurahan Bersinar setiap tahunnya. Dan tahun depan Insha Allah akan ada 4 Kelurahan Bersinar yang kita resmikan,” terangnya.

Baca Juga :  ASEAN Panji Festival Jadi Ajang Promosi Ikat Kediri

Lebih lanjut, Ardi menuturkan Kelurahan Bersinar memiliki peran cukup penting dalam melaksanakan pembangunan daerah di Kota Kediri. “Dengan adanya Kelurahan Bersinar, akan dapat menciptakan hidup yang sehat, kelurahan yang sehat dan kota yang sehat untuk melaksanakan pembangunan,” terangnya.

Di kesempatan yang sama, Kepala Badan Narkotika Nasional Kota Kediri, AKBP Bunawar menyampaikan dengan adanya Kelurahan Bersinar diharapkan dapat memberantas kasus-kasus penyalahagunaan narkoba di daerah. “Dengan adanya komitmen masyarakat dan pemerintah melalui Kelurahan Bersinar, bisa menciptakan daerah yang bersih dari narkoba,” katanya.

Bunawar juga menjelaskan bahwa di setiap Kelurahan Bersinar telah dibentuk satuan tugas Pencegahan, Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) dan agen pemulihan.

Peresmian 2 Kelurahan Bersinar ini ditandai pemukulan gong oleh Kabag Kesra Pemkot Kediri dan Kepala BNN Kota Kediri. Dan dilanjut dengan penyerahan Surat Keputusan kepada Lurah Ngadirejo dan Lurah Mojoroto. Serta diakhiri dengan pembacaan deklarasi bersih narkoba oleh satgas P4GN. (*)

Reporter : Gatot Sunarko

Editor : Lutfiyu Handi


Latest news

Related news

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini