Pemuda Widang Nekat Bobol Konter HP, Ternyata Ini Penyebabnya

TUBAN (Lenteratoday) –  Is, pemuda 29 tahun asal Desa Simorejo, Kecamatan Widang Kabupaten Tuban terpaksa meringkuk dalam sel tahanan Pokres Tuban. Dia nekat mencuri uang Rp 10 juta dari konter ponsel di desannya sendiri.

Tersangka mengaku nekat mencuri karena terpepet hutang di Bank. Selain itu, dua juga harus memenuhi kebutuhan keluarganya.

Kapolres Tuban, AKBP Darman mengatakan, aksi tersangka dilakukan sekitar pukul 11.00 WIB, Sabtu (18/9/2021) lalu. Tersangka  mengendarai sepeda motor Yamaha Mio Sporty warna hitam Nopol S 6520 IN menuju konter yang kebetulan kondisi sepi.

Tersangka yang masih memakai helm langsung masuk ke dalam konter dengan meloncat di atas meja etalase. Sayangnya, aksi tersangka ini berhasil terekam kamera CCTV (Closed Circuit Television).

“Pada saat itu etalase tidak dalam keadaan terkunci sehingga  tersangka dengan mudah membuka pintu etalase dan mengambil  uang yang berada di dalam etalase sebesar Rp 10 juta,” ungkap AKBP Darman.

Setelah mengambil uang tersebut, tersangka bergegas melarikan  diri menggunakan sepeda motor dan pergi meninggalkan konter.

AKBP Darman menambahkan, uang hasil pencurian digunakan oleh tersangka untuk membayar pinjaman Bank di Kecamatan Babat sebesar Rp 1.500.000 dan pinjaman uang lainnya sebesar Rp 750.000. Sedangkan, uang sisanya digunakan untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari.

Baca Juga :  Menempati Posisi Zona Kuning, Tuban Terus Ingatkan Warga untuk Disiplin Prokes

“Dari pengakuannya, alasan mencuri karena terlilit hutang bank harian di Mentari Terang,” ucap AKBP Darman.

Polisi berhasil mengidentifikasi tersanga setelah mendapat laporan dari korban. Dalam laporan, korban juga memperlihatkan bukti rekaman kamera pengawas CCTV.

Setelah menerima laporan, petugas langsung mendatangi lokasi kejadian, mengumpulkan bukti dan keterangan para saksi. Akhirnya tersangka berhasil diringkus polisi pada Jumat (24/9/2021) di rumahnya.

“Dari penangkapan tersangka yang terlihat di kamera itu langsung kita identifikasi orangnya. Dan karena sudah tahu kita datangi untuk menyerahkan diri, alhmdulilah kita tangkap tanpa ada perlawanan,” ungkap Kapolres Tuban.

Saat ditanya, tersangka melakukan pencurian sudah berapa lama, Kapolres Tuban menjelaskan dari pengakuan tersangka baru pertama kali. Namun, pihak Kepolisian masih melakukan pendalaman terkait hal itu.

“Baru pertama kali katanya, karena mungkin alasan terlilit hutang itu jadi nekat mencuri,” kata AKBP Darman.

Kepada media, tersangka mengaku mempunyai hutang di beberapa bank. Karena hal itu dirinya nekat mencuri uang. “Buat bayar hutang sama kebutuhan,” akunya. (jun)

Latest news

Related news

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini