Pengembangan Bozem Jadi Solusi Jangka Panjang Atasi Banjir di Kota Malang

MALANG (Lenteratoday) – Pemerintah Kota (Pemkot) Malang menegaskan pengembangan bozem menjadi salah satu solusi jangka panjang, untuk mengatasi banjir di perkotaan.

Hal ini dikonfirmasi oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Malang, Erik Setyo Santoso dalam pembahasan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kota Malang tahun 2025-2045.

“Penanganan banjir merupakan tantangan yang tidak pernah berhenti, dengan bertambahnya penduduk, kebutuhan akan tempat tinggal meningkat yang berimbas pada berkurangnya tutupan lahan,” ujar Erik ditemui usai rapat paripurna, Kamis(13/6/2024).

Menurutnya peningkatan jumlah penduduk, memerlukan penanganan khusus. Guna memastikan lintasan air permukaan, tidak menjadi sumber genangan yang menyebabkan banjir. Selain itu menurutnya pembangunan perumahan baru harus memperhatikan sistem drainase, yang mengarah hingga ke sungai sebagai saluran pembuangan akhir.

Oleh karenanya pengembangan bozem, merupakan solusi utama yang diajukan Pemkot Malang. Sebagai tempat transit atau penampungan air sementara sebelum dibuang ke sungai.

Baca Juga :  Pembangunan Guiding Block di Seluruh Pedestrian Kota Malang Hampir Tuntas

“Bozem-bozem di Kota Malang menjadi pilihan, untuk menyediakan tempat transit air yang terdesain secara matang agar tidak menyebabkan genangan di jalan. Selain sebagai penampungan sementara, bozem juga bisa dimanfaatkan sebagai tempat wisata dengan aspek keselamatan dan estetika yang terpenuhi,” tambahnya.

Erik juga menjelaskan proses penyusunan RPJPD ini cukup panjang, setelah pembahasan Ranperda akan ada tanggapan dari Penjabat Wali Kota dan pendalaman bersama Panitia Khusus (Pansus). RPJPD yang berlaku selama 20 tahun ini, menurutnya akan menjadi acuan bagi calon kepala daerah Kota Malang di empat periode ke depan.

Sebagai informasi, Pemkot Malang saat ini telah memiliki 2 bozem yang terletak di kecamatan Blimbing dan Lowokaru. Rencananya, Pemkot juga akan menambah pembangunan bozem di wilayah Sawojajar, Kecamatan Kedungkandang, untuk meminimalisir banjir yang kerap melanda wilayah tersebut.

Reporter:Santi Wahyu/Editor:Ais

Latest news

Related news

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini