Pj Gubernur NTT Berangkatkan Jamaah Haji dari Embarkasi Surabaya

SURABAYA (Lenteratoday) – Jamaah haji Nusa Tenggara Timur (NTT) yang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 78 diberangkatkan dari Asrama Haji Embarkasi Surabaya (AHES) pada Minggu (2/6/2024) pukul 04.05 WIB. Kloter ini dilepas langsung oleh Pj Gubernur NTT, Ayodhia G.L. Kalake.

Selain itu, ikut juga melakukan pelepasan Plt Kakanwil Kemenag Jawa Timur, Mufi Imron Rosyadi, beserta Kakanwil Kemenag NTT, Reginaldus Saverinus Sely Seran.

Di hadapan para jamaah yang menunggu proses pemberangkatan, Pj Gubernur memberikan sambutannya. “Alhamdulillah, saya bersyukur sebanyak 648 jamaah haji NTT yang tergabung dalam kloter 78 dan 79 siap berangkat ke tanah suci dengan perasaan bahagia dan gembira yang membara,” tutur Ayodhia.

Ia juga mengucapkan selamat kepada para jamaah karena mereka adalah orang-orang yang dipilih Allah SWT untuk menjadi tamu-Nya di Baitullah.

Pada kesempatan ini, Ayodhia mengingatkan para jemaah bahwa ibadah haji tidak hanya sekedar perjalanan fisik tetapi juga merupakan perjalanan spiritual untuk menguji keimanan para hamba Allah SWT.

“Bapak/Ibu akan mendapat ujian keimanan ketika berada di tanah suci tetapi ingatlah Allah SWT akan senantiasa bersama dengan hamba-Nya yang menjalani setiap ujian dengan penuh kesabaran dan keikhlasan,” tutur pria berdarah Adonara, Flores Timur yang lahir dan besar di Bandung, Jawa Barat ini.

Tidak lupa ia juga mengingatkan para jamaah untuk menaati peraturan yang berlaku di Arab Saudi dan dapat menjaga ketertiban selama berada di negeri orang tersebut.

Baca Juga :  Cerita Tukang Pijat Tuna Netra Wujudkan Impian ke Baitullah

Pj. Gubernur berpesan pada para jamaah untuk senantiasa menjaga kesehatan dan kebugaran fisik karena pelaksanaan rangkaian ibadah haji dibutuhkan stamina yang prima.

Pria yang meraih gelar magisternya di Madrid, Spanyol ini berharap agar para jemaah haji dapat memanfaatkan setiap langkah pada perjalanan ibadah haji sebagai sarana untuk memperbaiki diri menjadi pribadi yang lebih baik lagi. “Semoga Bapak/Ibu pulang ke tanah air dengan menjadi haji yang mabrur,” pungkasnya.

Selain memberikan sambutan seremonial di kloter 78, Ayodhia juga memberikan sambutan serupa di kloter 79 yang telah berangkat dari AHES pukul 06.30 tadi pagi.

Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenag NTT, Reginaldus Saverinus Sely Seran dalam wawancaranya menjelaskan bahwa kuota total NTT adalah 495 jemaah, namun karena ada mutasi keluar pindah berangkat dari provinsi lain sejumlah 47 orang, sehingga yang berangkat melalui Embarkasi Surabaya sejumlah 648 orang yang tergabung dalam kloter 78 dan kloter 79.

Ia juga menerangkan ada 2 jamaah haji NTT yang tergabung kloter 78 tertunda keberangkatannya karena mengalami sakit.

Sementara itu, Ketua PPIH Embarkasi Surabaya yang juga Plt. Kakanwil Kemenag Jawa Timur, Mufi Imron Rosyadi menjelaskan hingga Minggu (2/6/2024), AHES telah memberangkatkan 29.283 orang atau sekitar 75 persen. Jumlah tersebut terdiri dari 28.888 jemaah dan 395 petugas.

Hari ini, AHES menerima kedatangan 3 kloter, yakni kloter 80, kloter 81, dan kloter 82 dari Kabupaten Gresik. (*)

Sumber : Rls | Editor : Lutfiyu Handi


Latest news

Related news

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini