PPDB SMAN/SMKN di Jatim Dibuka, Jalur Zonasi Berbeda dengan Tahun Lalu

SURABAYA (Lenteratoday) – Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di Provinsi Jatim untuk jenjang SMA negeri sederajat tahun ajaran 2024/2025 resmi dibuka dengan proses awal yakni pengambilan PIN yang berlangsung hingga tanggal 5 Juni mendatang.

Kepala Dinas Pendidikan (Dindik) Jatim, Aries Agung Paewai menjelaskan bahwa saat ini siswa sudah dapat melakukan verifikasi nilai rapor masing-masing pada tanggal 24-28 Mei, dilanjutkan pengambilan PIN mulai dari 27 Mei-5 Juni.

“Untuk pengambilan PIN dilakukan secara online lewat situs ppdb.jatimprov.go.id sekaligus mengunggah beberapa persyaratan, setelah itu siswa harus validasi ke SMAN/SMKN terdekat,” jelasnya, Kamis (30/5/2024).

Aries Agung Paewai turut menyinggung soal jalur zonasi yang ia nilai memiliki perbedaan dengan tahun lalu, tahun ini kuota zonasi 50 persen dengan 30 persen zonasi radius sesuai titik tempat tinggal CPD, dan 20 persennya zonasi sebaran.

Baca Juga :  Zero Desa Tertinggal, Jatim Tertinggi se-Indonesia

“Ini agar anak-anak kita yang tidak masuk dari sisi jarak dapat masuk lewat kuota sebaran kelurahan yang meliputi wilayah sekolah tersebut,” ujarnya.

Perlu diketahui, selain jalur zonasi, siswa juga dapat memilih jalur prestasi nilai akademik, jalur afirmasi bagi siswa kurang mampu, jalur prestasi lomba, dan jalur pindah tugas orangtua. Tidak ketinggalan, hafiz qur’an dan ketua OSIS juga disediakan golden ticket dengan satu kuota di masing-masing sekolah.

“Ada saran terkait PPDB, tapi itu sudah ada regulasinya dan kita harus patuhi. Saya pikir masyarakat juga harus memahami bahwa proses dan regulasi tidak untuk memuaskan semua orang, minimal untuk memperbaiki sistem yang ada saat ini,” tandas Aries Agung Paewai. (*)

Reporter: Pradhita | Editor : Lutfiyu Handi


Latest news

Related news

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini