Saat Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI, Pedagang dan Pembeli di Kota Kediri Ambil Sikap Sempurna

KEDIRI (Lenteratoday) – Puluhan pedagang di Pasar Setono Betek Kota Kediri kompak mengambil sikap sempurna saat detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke -76 pada Selasa (17/08/2021) pagi. Tepat pada pukul 10.17 selama tiga menit mereka berdiri sempurna di masing-masing lapak diiringi lagu Indonesia Raya.

Wali Kota Kediri, Abdullah Abu Bakar, mengapresiasi antusias para pedagang dan pengunjung pasar ikut berpartisipasi dalam peringatan proklamasi kemerdekaan dengan mengambil sikap sempurna. “Terimakasih bapak ibu sampun menghentikan aktivitas sejenak, mengikuti detik-detik proklamasi kemerdekaan dengan khidmat. Semoga semangat merdeka hadir di dalam hati kita, dan semoga kita juga dapat segera melalui pandemi ini,” ujar Mas Abu.

Kegiatan ini diinisiasi PD Pasar Kota Kediri. Tujuannya, menumbuhkan rasa cinta pada negara Indonesia sekaligus memperingati HUT ke-76 Kemerdekaan RI.

Direktur PD Pasar M. Ihwan Yusuf menyampaikan, kegiatan ini juga menjalankan instruksi pemerintah terkait sikap sempurna saat detik-detik proklamasi. “Kegiatan ini merupakan kegiatan yang baru di lingkungan pasar dan sangat bagus sekali. Semoga tahun depan dapat diadakan kegiatan serupa,” ujar Ihwan.

Baca Juga :  Koperasi di Kota Kediri Harus Berbasis Teknologi dan Sistem Infomasi

Sementara itu, Koordinator Pasar Setono Betek Shaenudin memberikan sosialisasi pada para pedagang dan pembeli dilakukan melalui pengeras suara yang terpasang di tiap sudut pasar. “Kami juga muter ke lapak-lapak untuk mengingatkan para pedagang untuk menghentikan kegiatan selama lagu Indonesia Raya dikumandangkan. Alhamdulillah antusias para pedagang sangat baik untuk kegiatan ini,” ungkap Shaenudin.

Suasana khidmat dan haru tidak hanya dirasakan pedagang, pembeli yang sedang melakukan transaksi juga menghentikan sejenak kegiatannya untuk bersikap sempurna dan mendengarkan lagu Indonesia Raya dengan khidmat. Usai lagu dikumandangkan, serentak seluruh pedagang pasar meneriakkan “merdeka….”, dengan semangat serta terpanjat doa agar pandemi segera berakhir.

Salah satunya, Marsiem, pedagang yang sudah puluhan tahun membuka lapak di Pasar Setono Betek mengaku senang dengan adanya kegiatan ini. “Alhamdulillah saya senang ada kegiatan ini. Baru pertama kali saya mengikuti “upacara” di pasar,” ujar Marsiyem. Ia pun mengiyakan dengan semangat ketika ditanya apakah mau jika tahun depan diadakan upacara di pasar.(gos)


Latest news

Related news

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini