Wisata di Kabupaten Kediri : Dolo, Air Terjun Eksotis di Lereng Wilis

Kediri – Air terjun Dolo, Kediri, Jawa Timur merupakan tempat wisata alam di Kediri yang berada di Dusun Besuki, Desa Jugo, Kecamatan Mojo, Kabupaten Kediri, Jawa Timur. Air terjun Dolo, Besuki, Kediri ini berlokasi di lereng Gunung Wilis.

Gunung Wilis memiliki ketinggian 2.850 meter di atas permukaan laut. Letak air terjun Dolo yang berada di pegunungan membuat tempat wisata ini memiliki suhu yang amat dingin, bahkan ketika cuaca memburuk, wilayah ini akan tertutup oleh kabut. Tentu saja cuaca dingin dan suhu air yang dingin, akan bertambah dingin ketika kabut mulai datang.

Namun, ketika cuaca cerah, pemandangan yang eksotis akan terlihat di lokasi ini. Suara gemuruh air, dengan aliran airnya, ditemani pohon-pohon yang menjulang, akan menambah kesan sejuk khas pegunungan. Hal ini didukung dengan keberadaan air terjun Dolo yang terletak di tengah-tengah lereng gunung Wilis, atau berada kurang lebih 1.800 meter di atas permukaan laut.

Baca Juga :  Sehari, Covid-19 di Kabupaten Kediri 5 Sembuh, 2 Tambah Positif

Air terjun Dolo di Kediri memiliki ketinggian total 125 meter. Bentuknya berundak dengan curahan air tertinggi adalah 90 meter. Kemudian, undakan dibawahnya memiliki tinggi 2 hingga 5 meter. Harga tiketnya juga relatif murah, hanya Rp 3.000/orang

Titik paling menarik untuk mengambil gambar adalah pada bagian bawah air terjun. Anda bisa mengambil foto dari sudut ini. Anda akan terlihat seolah-olah berada di samping air terjun. Keindahan air terjun yang memikat ini sama sekali tak diusik dengan mitos air terjun Dolo yang katanya menyeramkan.

Wisata air terjun Dolo Kediri ini memiliki banyak tempat yang bisa Anda jadikan alternatif kegiatan selain berada di air terjun. Karena berada di kawasan pegunungan, tempat ini dihiasi dengan suburnya tanaman yang tumbuh. Terutama tanaman bunga-bungaan. (gos/adv)


Latest news

Related news

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini