6 Calon Independen Ikut Pilkada 2024 di Jawa Timur

SURABAYA (Lenteratoday) – Pilkada Serentak 2024 tingkat Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Timur, akan dikuti oleh 6 calon perseorangan atau independen.

Dari data yang dihimpun oleh KPU Provinsi Jatim, sebanyak 6 calon independen akan ikut Pilkada 2024 yang tersebar di 5 kabupaten/kota.

Komisioner KPU Jatim Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu, Choirul Umam menyatakan bahwa calon perseorangan atau independen tersebut terdapat di Kabupaten Trenggalek, Kabupaten Bojonegoro, Kabupaten Jember, Kota Probolinggo dan Kota Malang.

“Laporan yang masuk ke kami, calon independen ada di Kabupaten Trenggalek, Bojonegoro, Jember, Kota Probolinggo dan Kota Malang. Untuk Kota Malang ada 2 calon yang mendaftar dan menyerahkan syarat dukungan,” ujarnya, Selasa(14/5/2024).

Baca Juga :  Langsung Didukung Prabowo, Gerindra Jatim All Out Menangkan Khofifah - Emil

Choirul mengungkapkan sebenarnya terdapat total 8 kabupaten/kota yang memproses penyerahan berkas calon independen, namun berkas calon di 3 dari 5 kabupaten/kota tersebut dikembalikan karena tidak memenuhi syarat.

“Berkas calon independen yang dikembalikan ada di Kota Kediri, Kota Surabaya dan Kabupaten Bondowoso. Di Surabaya ada 2 orang yang mendaftar, tapi tidak diloloskan karena syarat minimal dukungan tidak terpenuhi,” ungkapnya.

Choirul menambahkan, 6 calon independen saat ini sedang menjalani proses verifikasi administrasi di masing-masing KPU kota/kabupaten setempat hingga tanggal 9 Mei 2024.

“Lolos tidaknya calon independen sebagai bakal calon di Pilkada November 2024, akan ditentukan pasca verifikasi faktual,” pungkasnya.

Reporter:Pradhita/Editor:Ais


Latest news

Related news

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini