DPR RI Bentuk Panja Jiwasraya, Pekan Depan Panggil Jampidsus

Jakarta Susunan Panitia Kerja (Panja) untuk penegakan hukum kasus Jiwasraya akhirnya resmi, Selasa (4/2/2020). Bahkan, pekan depan berencana memanggil Jaksa Agung Muda Pidana Khusus (Jampidsus), Direktur Penyidikan Kejaksaan Agung dan jajarannya.

Ketua Panja Jiwasraya di Komisi III, Herman Hery mengungkapkan harapan pembentukan Panja Ini untuk melakukan pengawasan perihal kasus Jiwasraya .”Agenda pertama, 13 Februari nanti, kami akan mengundang Jampidsus, Direktur Penyidikan Kejagung dan jajarannya. Jadi semua pihak di jajaran Jampidsus yang menangani kasus ini. Tujuannya kami ingin mendapat masukan sudah sejauh mana penanganan perkara Jiwasraya,” terang Herman Hery saat ditemui di kompleks MPR/DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (4/2/20).

Herman juga menambahkan, bahwa pembentukan panja ini bukan untuk mengintervensi penanganan kasus Jiwasraya, melainkan untuk mengawasi jalannya pengegakan hukum kasus jiwasraya agar cepat selesai. Hal itu dibuktikan dengan adanya kesepakatan di internal Panja mengenai hal-hal yang masih bersifat rahasia.

“Jadi, tadi saya minta supaya jangan sampai semua hal yang masih sifatnya rahasia dibuka ke Panja. Karena tujuan panja dibentuk bukan untuk mengintervensi kasus tersebut, tetapi melakukan fungsi pengawasan,” terang Herman.

Bahkan, lanjutnya,  malah akan men-support, mendorong supaya kasus cepat selesai, dan bagaimana secepatnya mengembalikan uang nasabah yang digelapkan itu. Namun saat ditanya target yang akan dicapai secara kongkrit oleh Panja kasus Jiwasraya di Komisi III ini, Herman menjawab belum menentukan target tersebut. Ketua Komisi III DPR itu menyebutkan target panja akan ditentukan selepas bertemu jajaran Jampidsus.

Baca Juga :  Latih Wirausaha Baru di Sidoarjo, Kemenperin bersama DPR RI Tingkatkan Populasi IKM Kreatif dan Mandiri

“Kita belum bikin target. Kita baru membentuk tadi. Dan tentu, setelah bertemu Jampidsus baru kita bisa melihat kerangka kerja dan berapa lama target. Yang pasti, yang saya inginkan panja ini harus tahu ujungnya akan ke mana nanti,” ungkapnya.

Sementara itu, dalam pembentukkan panja tersebut juga dibeberkan keanggotannya. Berikut daftar keanggotaan Panja Komisi III untuk Pengawasan Penegakan Hukum Jiwasraya:

Fraksi PDIP
1. Trimedya Panjaitan
2. M Nurdi
3. I Wayan Sudirta
4. Ichas Soelistio
5. Masinton Pasaribu

Fraksi Golkar
1. Azis Syamsuddin
2. Andi Rio Idris Pandjalangi
3. Supriansah
4. Sari Yuliati

Fraksi Gerindra
1. Habiburokhman
2. Muhammad Syafi’i
3. Wihadi Wiyanto
4. Bambang Haryadi.

Fraksi NasDem
1. Taufik Basari
2. Ahmad Ali
3. Eva Yuliana

Fraksi PKB
1. Cucun Ahmad Syamsurijal
2. Luqman Hakim
3. Rano Al Fath

Fraksi Demokrat
1. Mulyadi
2. Hinca Panjaitan
3. Benny K Harman

Fraksi PKS
1. Habib Aboe Bakar Al Habsyi
2. Achamd Dimyati Natakusumah

Fraksi PAN
1. Sarifuddin Suding
2. Pangeran Khairul Saleh

Fraksi PPP
1. Arsul Sani. (Fa)


Latest news

Related news

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini