Festival Pencak Silat Termegah Bakal Digelar di Madiun

Madiun – Walikota Madiun Maidi berencana untuk mengadakan festival pencak silat termegah di Indonesia. Selain itu ia juga akan mengundang 52 negara untuk menyaksikan aksi bela diri pendekar Kota Madiun.

Rencananya festival seni pencak silat ini akan diadakan di Alun-alun Kota Madiun selama semingga hingga satu bulan penuh. Mantan sekda kota itu menambahkan jika peserta bukan hanya dari Kota Madiun, melainkan juga dari berbagai daerah kota dan kabupaten yang lain.

“Tahun 2020 ini sementara rencananya diadakan seminggu hingha 10 hari. Tapi tahun 2021 kami adakan full satu bulan untuk menghibur warga Madiun,” ucap Walikota Maidi, Senin (3/3/2020).

Kata Walikota Maidi, alasannya mengundang 52 negara tersebut karena ia ingin memperkenalkan seni bela diri yang dapat di silat nusantara. Dengan adanya festival ini ia menilai dapat memunculkan rasa percaya diri di hadapan tamu internasional.

“Dan dari silat nusantara itu dunia harus dikasih tau, iniloh silat nusantara dari Indonesia. Semua perguruan kita ikutsertakan. Dan silat nusantara itu lengkap gabungan dari semuanya. Dan disini lah kita sosialisasikan pada masyarakat, pada anak-anak bahwa hidup sehat salah satunya ya bela diri,” jelas orang nomor satu Kota Madiun ini.

Baca Juga :  Polisi Dalami Video CCTV Terduga Pelaku Perampokan Rumdin Wali Kota Blitar

Terkait persiapan tempat acara, Maidi menjelaskan jika Pemkot Madiun siap menggelontorkan anggaran 1 miliar untuk persiapan acara hingga penambahan beberapa fasilitas yang ada di alun-alun kota. Hal ini bertujuan untuk memberi rasa nyaman bagi pengunjung yang datang menyaksikan acara.

Lebih detail ia menjelaskan jika areal alun-alun bakal ia bangun panggung permaneen dengan tinggi 1 setengah meter dan dilengkapi matras. Walikota kelahiran Magetan itu berandai jika tempat acara tersebut bakal mirip seperti USA Taekwondo Open yang ada di Amerika Serikat.

“Jadi di tengah alun-alun nanti ada panggung kita lihat seperti USA Open. Ini sudah kita buat sama gazebonya nanti kita perluas. Jadi nanti kalau ada beberapa negara di gazebo itu melihat langsung aksi pencak silat pendekar nusantara di panggung yg tinggi seperti USA Open,” tutupnya. (Sur)


Latest news

Related news

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini