Kirab Bedhol Pusaka Awali Rangkaian Peringatan Hari Lahir Pancasila di Kota Blitar

BLITAR (Lenteratoday) – Rangkaian Peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2024 di Kota Blitar, diawali Kirab Bedhol Pusaka dari Istana Gebang menuju Kantor Wali Kota Blitar.

Tampak hadir pada acara ini Wali Kota Blitar Santoso, Kapolres Blitar Kota AKBP Danang Setyo PS, Kajari Blitar Agus Kurniawan, Dandim 0808/Blitar Letkol Inf Hendra Sukmana, Ketua PN Blitar, perwakilan DPRD Kota Blitar dan Danyon 511 Blitar. Juga anggota DPR RI dari Fraksi PDIP yang juga mantan Wali Kota Blitar, Djarot Syaiful Hidayat.

Dalam sambutannya sebelum memberangkat Bedhol Pusaka, Wali Kota Santoso menyampaikan kalau setiap tahun dalam Peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni di Kota Blitar, rutin digelar rangkaian kegiatan yang diawali dengan Bedhol Pusaka dari Istana Gebang.

“Karena Istana Gebang adalah rumah yang pernah ditempati oleh Bung Karno semasa remaja di Kota Blitar,” ujar Wali Kota Santoso, Jumat(31/5/2024).

Kirab Bedhol Pusaka merupakan kirab ubo rampe untuk Grebeg Pancasila, berupa lambang negara dan perlengkapan upacara Hari Lahir Pancasila 1 Juni.

Dari ndalem Istana Gebang menuju Kantor Wali Kota Blitar, dengan dikawal oleh Bregodo (pasukan) Siji, Bregodo Enem dan Bregodo Patang Puluh Limo.

Baca Juga :  Lawan Covid-19, Pemkot Blitar Realokasi Anggaran Rp 285 Milyar

Selanjutnya Wali Kota Santoso menjelaskan kalau ditetapkannya 1 Juni menjadi Hari Lahir Pancasila, merupakan atas perjuangan bertahun-tahun dari para tokoh masyarakat, tokoh agama,sejarahwan, budayawan, seniman dan sesepuh Kota Blitar.

“Setelah disetujui pemerintah dan untuk menghormati jasa-jasa beliau, Pemkot Blitar setiap tahun menggelar rangkaian Peringatan Hari Lahir Pancasila di Kota Blitar,” ungkapnya.

Adapun rangkaian kegiatannya, setelah Kirab Bedhol Pusaka dari Istana Gebang ke Kantor Wali Kota Blitar.

“Disemayamkan semalam disana dan digelar Macapatan, kemudian besok pagi (1 Juni 2024) digelar Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila di Alun-alun Kota Blitar. Dilanjutkan Grebeg Pancasila dari Alun-alun menuju Makam Bung Karno, disertai Kirab Gunungan Limo,” jelas Wali Kota Santoso.

Sesampainya di Makam Bung Karno, dilakukan ziarah dan lanjutkan Kenduri Pancasila di kawasan Makam Bung Karno imbuhnya.

Selain Kirab Bedhol Pusaka, malam ini juga digelar Festival Lentera yang diikuti oleh 35 group. Terdiri dari OPD instansi pemerintah dan sekolah.

Reporter:Arief Sukaputra(*)/Editor:Ais


Latest news

Related news

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini