Mahfud MD : Evakuasi WNI di Wuhan Urusan Menlu

Surabaya – Terkait dengan kondisi warga negara Indonesia (WNI) yang ada di Wuhan, China, Menteri Koordinator Politik Hukum dan HAM (Menkopolhukam) Mahfud MD mengatakan hal itu menjadi urusan Menteri Luar Negeri.

“Ya pemerintah harus turun tangan, itu urusan Menlu,” jawabnya singkat saat ditanya wartawan di Surabaya soal penanganan warga Indonesia yang ada di Wuhan, China, Rabu (29/1/2020).

Kendati demikian, Mahfud yang menjadi narasumber di Rapat Pengurus Pusat Pleno ke-6 APTISI di Hotel Samator, Surabaya, Rabu (29/1/2020), menegaskan jika pemerintah terus berupaya memberi bantuan kepada WNI yang terjebak di Wuhan, China. “Tidak mungkin pemerintah itu menelantarkan rakyatnya, itu (sudah) kewajiban (negara),” pungkas Mahfud.

Baca Juga :  China Kirim Tim Medis ke Palestina Bantu Penanganan Covid-19

Padahal sebelumnya Mahfud mengaku belum memikirkan untuk mengevakuasi 243 warga negara Indonesia (WNI) yang berada di daerah karantina Hubei, China akibat virus corona.

“Belum, belum dipikirkan, karena belum ada negara lain pun yang evakuasi,” kata Mahfud di Gedung Kemenko Polhukam, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Selasa (28/1/2020).

Saat itu, Mahfud juga mengatakan belum ada negara lain yang melakukan langkah serupa kepada warga negaranya. (Sur)


Latest news

Related news

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini