Nia – Bakrie Dituntut Rehabilitas 12 Bulan

JAKARTA  (Lenteratoday) – Proses persidangan Nia Ramadhani dan Ardi Bakrie kini sampai pada agenda tuntutan. Jaksa Penuntut Umum menuntut keduanya menjalani rehabilitasi selama 12 bulan. Jaksa meyakini Nia dan Ardi terbukti bersalah terkait kasus penyalahgunaan narkotika.

“Menuntut agar supaya majelis hakim Pengadilan Negeri Jakarta Pusat menjatuhkan putusan, memutuskan menyatakan Terdakwa terbukti bersalah melakukan tidak pidana turut serta penyalahgunaan narkotika golongan I bagi diri sendiri sebagaimana dakwaan,” ucap jaksa saat membacakan surat tuntutan di PN Jakpus, Jalan Bungur Besar Raya, Jakpus, Kamis (23/12/2021).

Selain Nia Ramadhani dan Ardi Bakrie, sopirnya, Zen Vivanto, dituntut dalam sidang ini. Zen dituntut dengan hukuman yang sama dengan Nia dan Ardi.

Nia Ramadhani dkk diyakini jaksa melanggar 127 ayat (1) huruf a Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika juncto Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHPidana.

“Menempatkan Terdakwa pada lembaga rehabilitasi medis dan sosial si RSKO Cibubur masing-masing selama 12 bulan,” lanjut jaksa.

Dalam pertimbangannya, jaksa mengatakan Nia Ramadhani, Ardi Bakrie, dan Zen Vivanto memakai sabu sejak April 2021. Jaksa menyebut ketiganya menggunakan sabu bersama-sama di rumah Ardi Bakrie dan Nia Ramadhani.

Baca Juga :  Dalam Persidangan, Ini Kisah Nia Saat Awal Mula Terpikat Godaan Narkoba

“Bahwa terdakwa Ramadhania mengonsumsi jenis sabu karena ingin menghilangkan rasa sedihnya karena meninggalnya papa terdakwa, bahwa Ardi ingin menghilangkan kelemahan-kelemahan yang tak pernah ditunjukkan,” kata jaksa.

Jaksa mengatakan Nia dan Ardi menggunakan sabu dari Zen Vivanto. Zen disebut jaksa membeli sabu dari seseorang rekannya pada 6 Juli 2021 dengan harga Rp 1,7 juta.

“Bahwa setelah itu terdakwa Nia Ramadhani, Ardi Bakrie, dan Zen Vivanto bersama-sama mengonsumsi sabu tersebut,” jelas jaksa.

Jaksa juga menilai ketiganya bersalah karena telah menggunakan narkotika jenis sabu tanpa izin. Jaksa meyakini ketiganya bersalah.

“Oleh karenanya sifat pengonsumsian terdakwa penyalahgunaan narkotika dan demikian unsur penyalah guna telah terpenuhi,” ucap jaksa.

“Bahwa para terdakwa tidak memiliki izin sama sekali dalam menggunakan sabu sehingga tindakan terdakwa penyalahgunaan narkotika jenis golongan 1,” lanjutnya.

Disarikan dari berbagai sumber

Editor : Endang Pergiwati

Latest news

Related news

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini