Operasional Bandara Kertajati Bakal Dipindah ke Husain Sastranegara

JAKARTA (Lenteratoday) – Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan memindahkan operasi penuh dari Bandara Husein Sastranegara di Bandung, Jawa Barat menjadi ke Bandara Kertajati, Majalengka, Jawa Barat mulai Oktober 2023.

“Dan nantinya dimulai Oktober akan operasi penuh. Artinya dari Bandara Husein Sastranegara akan digeser ke Kertajati, utamanya untuk yang pesawat jet,” ujar Jokowi saat meninjau Bandara Kertajati, Selasa (11/7/2023).

Lebih lanjut, Jokowi mengatakan bahwa pemindahan bakal dilakukan secara berkala. Untuk pesawat jet dilakukan mulai Oktober 2023 dan untuk pesawat baling-baling maksimal 1 tahun lagi.

Di satu sisi, Jokowi menyatakan senang karena minat investor asing untuk berinvestasi di Bandara Kertajati cukup besar. Jokowi menyebut pada Oktober nanti bakal diputuskan negara mana saja yang akan menjadi investor di Bandara Kertajati.

Jokowi berharap dengan masuknya investor asing, maka traffic di Bandara Kertajati bakal semakin padat. “Kami harapkan dengan upaya yang kita lakukan ini, plus dengan telah selesainya diresmikannya tol Cisumdawu, sehingga jarak tempuh antara Kertajati – Bandung kurang lebih 1 jam akan mempercepat perkembangan Bandara Kertajati,” kata Jokowi.

Baca Juga :  Anas Urbaningrum Bilang, Zaman SBY Juga Gelar Pertemuan Partai Koalisi di Istana

Sebelumnya, Jokowi menerima laporan dari Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi, ihwal rencana menawarkan saham Bandara Kertajati ke luar negeri. Sejumlah perusahaan dari Arab Saudi, India, hingga Singapura rencananya akan ditawari untuk membeli Bandara Kertajati.
Jokowi memerintahkan Budi Karya untuk segera menjalankan rencana itu sekaligus mengingatkan bahwa ada regulasi yang harus ditaati.

Sejak diresmikan Jokowi pada 2018, Bandara Kertajati masih sepi peminat sampai hari ini. Akhir 2019, Budi mengatakan persoalan utama pengoperasian Bandara Kertajati adalah belum tersedianya akses langsung yang menghubungkan antara Kota Bandung dan Kertajati.

Pasalnya, sampai saat ini akses yang menghubungkan Bandung dengan Kertajati, yaitu Jalan Tol Cisumdawu (Cileunyi-Sumedang-Dawuan), belum selesai. (*)

Sumber : tempo | Editor : Lutfiyu Handi

Latest news

Related news

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini