Golkar Bersikukuh Airlangga Capres Meski PAN Sinyalkan Ganjar- Erick, KIB Pecah?

JAKARTA (Lenteratoday)– Partai Golkar dengan tegas bersikukuh mengusung Ketua Umum Airlangga Hartarto di Koalisi Indonesia Bersatu (KIB). Hal ini menanggapi
munculnya nama Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo dan Menteri BUMN Erick Thohir santer dalam Rakornas PAN 2023. Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) pecah?

“KIB ini kan ada 3 partai. Golkar sudah jelas akan mengusung Airlangga Hartarto sesuai dengan mandat Munas Golkar,” kata Juru Bicara Partai Golkar Tantowi Yahya dikonfirmasi, Senin (27/2/2023).

Tantowi mengatakan 2 anggota KIB yang lain belum merekomendasikan nama capres dan cawapres. Ia pun mempersilakan parpol lainnya untuk mengusung nama.

“Dua anggota koalisi lainnya, PAN dan PPP kan belum mengeluarkan rekomendasi terkait capres cawapres. Jadi silakan saja jika PAN dan PPP datang dengan nama yang menurut mereka sesuai dengan aspirasi internal mereka,” kata Tantowi.

Ia mengatakan Golkar tak dalam posisi untuk mengintervensi. Setelah nama per partai direkomendasikan, barulah capres dan cawapres dibahas bersama-sama dalam KIB.

Baca Juga :  PAN Dukung Kabupaten Blitar Jadi Percontohan Program Vaksinasi Nasional

“Golkar sudah pasti tidak dalam posisi untuk intervensi ranah internal partai lain. Bila nanti semua sudah ada rekomendasi nama, barulah KIB akan duduk bareng untuk merumuskan siapa yang akan diusung bersama dari calon-calon yang ada,” tutur Tantowi.

“Saat ini pembahasan intra KIB lebih fokus pada visi dan misi koalisi, sesuatu yang patut diketahui oleh rakyat. Harus ada diferensiasi jelas antara KIB dengan koalisi-koalisi lainnya,” sambungnya.

Sebelumnya, Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan (Zulhas) memuji Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Menteri BUMN Erick Thohir di acara Rakernas PAN di Semarang, Jawa Tengah. Zulhas menyebut Ganjar dan Erick Thohir terlihat harmonis.Kendati demikian, kata Zulhas, keputusan PAN akan mengikuti panglima tertinggi yakni Presiden Jokowi.

“Ini ada Pak Ganjar ada Pak Erick sepertinya harmonis ini Pak, tapi jangan lupa sebagai panglima perang kita tunduk kepada Pak Presiden,” kata Zulhas.(*)

Reporter:dya,rls /Editor: widyawati

Latest news

Related news

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini